Lenggana's Weblog

Home » Taijiquan » Song – Loose, Relaxed, Open, Free, Responsive

Song – Loose, Relaxed, Open, Free, Responsive

Ketika seseorang merasa terancam atau diserang, reaksi alaminya adalah mengencangkan otot-otot tubuh dan menahan nafas. Situasi yang berbahaya secara tiba-tiba dapat menyebabkan otot-otot menegang, keringat mengucur, rasa takut menguasai kesadaran, dan bahkan rambutpun seakan berdiri tegak. Sebuah pengalaman yang menakutkan dapat menyebabkan ketegangan otot yang luar biasa sampai kepada bergetar, pingsan, dan bahkan shock.

Seorang seniman bela diri dapat menghilangkang reaksi tubuh seperti ini dengan cara-cara tertentu sesuai dengan bela diri yang dikuasainya sepanjang pertarungan.

Dalam seni bela diri Tai Chi ada yang dinamakan Song atau Sung yang memiliki arti Kendur, Santai, Terbuka. Dengan menguasai Song atau Sung dengan sempurna, maka pengalaman yang telah disebutkan di atas tidak menjadi masalah bagi para praktisi Tai Chi.

Beberapa kutipan tentang Song / Sung

Prinsip sung adalah mengendurkan otot dan melepaskan ketegangan, melepaskan energi di luar tetapi menyimpannya di dalam sehingga tubuh akan menjadi peka dan cukup waspada untuk beradaptasi dalam setiap keadaan.
(Sepuluh panduan Tai Chi Chuan.)

Pengenduran seluruh tubuh memiliki arti pengenduran seluruh sendi dengan sadar, dan ini mengaitkan seluruh bagian tubuh secara organik dengan cara lebih baik. Ini bukan berarti kelembutan.

Ia membutuhkan banyak latihan agar dapat mengerti hal ini secara menyeluruh. Pengenduran juga berarti “meregangkan” anggota tubuh, yang memberikan anda perasaan berat. (Perasaan berat atau kekakuan ini adalah sebuah refleksi nyata dari kekuatan.) Perasaan ini bukan sebuah perasaan kelembutan atau kekakuan, tetapi berada di antaranya. Ia tidak terbatas pada bagian tertentu tetapi meliputi seluruh tubuh. Ia seperti besi yang mencair pada suhu tinggi. Maka pengenduran “menghilangkan” kekuatan yang kaku dengan cara yang sama. 

Kekuatan yang kaku, dinamakan juga “kekuatan yang canggung,” menjalani sebuah perubahan kualitatif setelah ribuan kali berlatih “pembuyaran”. Seperti besi yang dapat berubah menjadi baja, maka “kekuatan yang canggung” dapat berubah menjadi tenaga, dan pengenduran berarti secara bertahap mengubahnya menjadi tenaga. Leluhur kami menjelaskan: “Pengenduran secara sadar akan menghasilkan kekuatan yang tidak disadari.” Ada kebenaran di dalam kalimat ini.
(Yang Zhenduo, “Yang Style Taijiquan”)

Sung [kendurkan] pinggang. Pinggang adalah pimpinan dari seluruh tubuh. Jika anda dapat melakukan sung pada pinggang, maka kedua kaki akan memiliki kekuatan dan bagian bawah tubuh akan mantap dan stabil. Perubahan kosong dan isi, dan ini berdasarkan pada perputaran pinggang. Dikatakan bahwa “sumber dari postur berada di dalam pinggang. Jika anda tidak memiliki tenaga, carilah kelemahannya pada kaki dan pinggang.
(Yang Cheng-fu (1883-1936),  Yang’s Ten Important Points)

Hal yang paling penting dari t’aichi adalah kendur. Pengenduran membantu tubuh anda menolak penyakit; ia mengijinkan ch’i dan darah anda mengalir dengan lancar; ia menyelaraskan urat nadi dan pembuluh darah, menyeimbangkan Lima Organ Dalam, dan membuka Triple Burners (Tiga Pembakar) – bagaimana bisa penyakit menyerang tubuh anda? Para leluhur berkata bahwa dokter terbaik menyembuhkan mereka yang belum sakit, dan t’aichi adalah obat terbaik dari dokter terbaik.
(Professor Cheng Man-ch’ing, Taijiquan Master and Doctor of Chinese Medicine, Cheng Man-ch’ing: Master of Five Excellences.)

Advertisements
%d bloggers like this: