Lenggana's Weblog

Home » Taijiquan » Taijiquan Styles

Taijiquan Styles

5 Gaya Taijiquan Utama

Asal-usul Tai Chi Chuan tidak diketahui. Beberapa orang mengatakan Taiji telah disebutkan di dalam I-Ching (Buku Perubahan) yang ditulis sekitar tahun 1100 – 1200 sebelum masehi.

Banyak praktisi percaya bahwa Zhang San-feng adalah penemu Taijiquan. Zhang San-feng dipercaya telah menciptakan Taijiquan setelah menyaksikan sebuah pertempuran antara seekor bangau dan seekor ular. Beliau telah menciptakan tiga belas postur.

Taijiquan Gaya Chen
Ditemukan oleh Chen Wang-ting (1600- 1680), beliau telah menciptakan”Metode Pertama”.

Gaya Chen dikenal dengan pergerakan-pergerakan eksplosifnya, perubahan tempo dari lambat ke cepat (yin/yang), menghentakkan kaki, serangkaian lompatan dan postur yang rendah.

Taijiquan Gaya Yang
Ditemukan oleh Yang Lu-chan (1799-1872). Yang Lu-chan dilahirkan di daerah Yung-nien di propinsi Ho-Pei.

Gaya Yang dikenal dengan tempo lambatnya, pergerakan-pergerakan melingkar yang lembut adalah jurus Tai Chi Chuan yang paling terkenal yang telah dipraktekkan oleh semua orang di seluruh dunia saat ini.

Taijiquan Gaya Wu
Ada dua Taijiquan gaya Wu, yaitu:

Yang pertama adalah Gaya Wu yang ditemukan oleh Chuan Yuo (1832- 1902). Putranya yang bernama Wu Chian-chuan (1870 – 1942) memperkenalkan secara luas gaya Wu yang dikenal saat ini dengan menambahkan namanya di belakang gaya Taijiquan tersebut yaitu gaya Wu Jianquan.

Gaya Wu ini dikenal dengan jurus singkatnya, tempo yang lambat, menghilangkan postur lompatan dan hentakkan dari jurus-jurus lambat tradisional dan punggung ditahan dengan posisi merunduk ringan ke depan dan merupakan garis lurus dari puncak kepala sampai dengan tulang punggung diteruskan ke kaki belakang.

Gaya Wu yang kedua dikenal sebagai Wu (Hao) yang ditemukan oleh Wu Yuxiang (1812 – 1880). Karakteristik gaya Wu Hao adalah pergerakan-pergerakan yang singkat, kuda-kuda tinggi, tubuh ditegakkan lurus, tangan tidak menyilang dan tidak diregangkan keluar melewati jari-jari kaki.

Taijiquan Gaya Sun
Ditemukan oleh Sun Lutang (1861-1932). Sun Lutang sangat ahli dalam dua seni bela diri internal lainnya, Xingyi Quan dan Baqua Zhang. Gaya Sun menyatukan unsur-unsur kunci dari kedua gaya internal ini.

Taijiquan Gaya Sun dikenal dengan kuda-kuda tingginya, tempo yang sedang, sejumlah kecil tendangan dan pukulan dan lebih menekankan kepada pergerakan-pergerakan langkah kecil yang lincah.

sumber: terjemahan bebas dari http://www.dalantstudios.com/taijistyles.html

Advertisements
%d bloggers like this: